17 October 2016

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Menggunakan Intent dan WebView

               Halo temen - temen, pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat aplikasi android. Tutorial ini saya tulis karena mendapatkan tugas kuliah Mobile Computing dan untuk catatan saya sendiri agar apa yang telah saya pelajari tidak hilang begitu saja dan juga semoga tutorial ini bermanfaat untuk teman - teman yang mendapatkan tugas yang sama seperti saya.


Jadi kasusnya itu seperti ini :
1.Pelajari mengenai kelas Intent lalu buat rangkumannya
2.Buatlah aplikasi android dengan diagram sebagai berikut :
Keterangan :
>Ada 2 kelas activity : MainActivity dan PesanActivity
>Jika Button ditekan, akan mengirimkan alamat dari EditText untuk membuka activity PesanActivity dengan menggunakan intent.
>PesanActivity memiliki 1 objek WebView untuk membuka halaman web.

         Berdasarkan kasus diatas, sebaiknya kita terlebih dahulu memahami apa yang di maksud dengan Intent. Intent ini biasa digunakan untuk interaksi antar komponen pada sistem operasi Android. Intent ini sering digunakan seperti hyperlink di Web yaitu menghubungkan antar activity atau dalam bahasa pemrograman banyak yang menyebut “runtime binding” antar komponen atau “messaging object”. Dan ternyata Intent tidak hanya digunakan untuk hal - hal yang berhubungan dengan interaksi activity seperti interaksi dengan service dan broadcast tapi juga bisa digunakan sebagai tempat membawa beberapa data yang akan kita kirimkan ke komponen lain.

          Setelah kita mengenal Intent, selanjutnya kita akan mengenal Activity dan juga WebVIew. Activiy itu bisa kita sebut dengan halaman pada pengembangan Aplikasi Android yang mengatur suatu komponen tampilan layout.xml dan user interaksi atau logic antar komponen program.java agar dapat menghubungkan antara activity satu dengan dengan activity lainnya, didalam Aplikasi Android. Sedangkan WebView adalah sebuah class pada android yang menampilkan dan menjalankan aplikasi mobile berbasis web. Sederhananya, WebView itu seperti android browser, tetapi tidak mempunyai address bar untuk memasukkan URL, karena URL sudah di definisikan dalam aplikasi android tersebut.

         Berdasarkan kasus yang telah di berikan oleh Dosen saya diatas, sekarang saatnya kita membuat sebuah aplikasi sederhana yang menggunakan Activity, Intent dan WebView.

Ini adalah screenshoot dari aplikasi yang telah saya buat :

           


Langkah - langkahnya :

1. Klik start a new Android Studio Project untuk membuat project android baru.
2. Kemudian Konfigurasikan penamaan aplikasi dan package.
3. Pada bagian penentuan build target, SDK minimum yang anda inginkan.
4. Pada saat pemilihan Add an activity to mobile,pilih empty activity.
6. Pada choose optional for your new file, klik Finish.
7. Agar aplikasi yang kita buat dapat mengakses internet kita harus menambahkan kode berikut di AndroidManifest.xml yang diletakan diatas <apllication


Selanjutnya pada build.gradle(Module:app) di bagian dependencies lengkapi kodenya seperti ini


8. Kemudian buka file activity_main.xml, letakan kode berikut dan temen - temen jangan lupa untuk menambahkan gambar di dalam folder drawable. Disini saya menambahkan gambar dengan nama file beelancah.png


9.Selanjutnya buat activity baru dengan cara klik kanan pada project kita selanjutnya pilih New >> Activity >> Empty Activity dan jangan lupa beri nama sesuai keinginan temen - temen. Kalau saya beri nama seperti berikut :


10. Didalam activity_web_view.xml letakan kode berikut


11. Setelah kita membuat tampilan aplikasinya, sekarang saatnya kita buat prosesnya di file .java. Caranya buka file MainActivity.java dan letakan kode berikut


12. Dan juga pada file WebViewActivity.java letakan kode berikut


13. Setelah semuanya selasai, sekarang saatnya kita coba jalankan aplikasi yang telah kita buat. 
Oke mungkin cukup sampai disini, jika masih ada yang belum mengertti dari tutorial ini temen - temen dapat bertanya melalui kolom komentar. 
Terimakasih dan semoga tutorial ini dapat bermanfaat ya :)

Note : Tutorial ini saya buat dengan referensi dari website berikut


Untuk menambah pengetahuan dan memahami dari fungsi - fungsi yang telah kita gunakan, temen - temen bisa mengunjungi website berikut.




Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Menggunakan Intent dan WebView Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pratama Ridho