13 June 2016

Operator pada Java

                 Hai friends, senang sekali rasanya bisa libur kuliah, jadi punya sedikit waktu untuk mengisi blog ini. Tulisan yang ada di blog ini adalah catatan kuliah penulis yang saat ini masih menempuh S1 jurusan Teknik Informatika di Universitas Kanjuruhan Malang.

          Pada tulisan - tulisan sebelumnya penulis telah membahas tentang Mengenal Bahasa Pemrograman Java serta Variabel dan Tipe Data pada java, untuk kali ini kita akan belajar tentang operator. 

Note : Tulisan - tulisan ini di ambil dari berbagai sumber.

Apa itu operator ?..
        Operator adalah sebuah karakter khusus yang digunakan untuk menghasilkan suatu nilai atau suatu simbol atau tanda yang digunakan untuk mengoperasikan dua value atau lebih untuk mendapatkan hasil.

Berikut ini beberapa jenis operator yang dikenal dalam bahasa java :

1.Operator Aritmatika

Contoh :

          Hasil dari kode program diatas adalah 6 bukan 6.25. Hal ini dikarenakan dalam java jika jita melakukan operasi pembagian dengan tipe data integer, maka hasilnyapun akan integer (bilangan bulat), sehingga jika kita akan melakukan pembagian yang menghasilkan nilai koma, maka harus menggunakan tipe data double atau float.


2.Operator Majemuk atau Penugasan

Contoh:

Hasil dari operasi += pada kode program diatas adalah 30. hal ini dikarenakan a +=5 sama dengan a = a+5, dikarenakan nilai a adalah 25, maka a = 25 + 5. Jika akan melakukan penambahan atau pengurangan dengan nilai 1, maka dapat dengan mudah menggunakan simbol ++ untuk penambahan dan -- untuk pengurangan.

3.Operator Pembanding atau Relasional

         Hasil dari operasi pembanding adalah boolean. True jika operasi pembanding tersebut benar, dan false jika salah.

Contoh :

Hasil dari program diatas akan bernilai false, karena 5 tidak sama dengan 50.

4.Operator Logika

            Operator ini digunakan untuk membentuk suatu keadaan dari dua atau lebih kondisi tertentu, operator logika biasanya digabungkan dengan operator pembanding. Hasil dari operator logika adalah boolean.

Contoh :

            Hasil dari kode program diatas akan menghasilkan keluaran Nilai a = 5, itu karena kondisi a == 5 dan itu benar. 

>>Hasil operasi logika dengan menggunakan && adalah sebagai berikut :

>>Hasil operasi logika dengan menggunakan || adalah sebagai berikut :


         Oke friends, sekian artikel tentang operator pada bahasa pemrograman java. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam belajar pemrograman java.
Operator pada Java Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pratama Ridho